ingin membuat newticker seperti di bawah ini silahkan lihat di sini

AMD vs Intel: - Tes 50 CPU


Membeli prosesor sekarang tidak semudah dulu. Dulu, Anda tinggal menyebutkan angka GHz. Sekarang, clockspeed tidak lagi digunakan sebagai bagian nama prosesor. Belum lagi, produsen menambahkan jargon-jargon teknologi canggih seperti Dual-Core, 64 Bit, Cool n' Quiet, Enhanced SpeedStep (ESS) dan Non-Executable-Bit. Jika tidak ingin salah beli, Anda harus memahami makna istilah-istilah teknis tersebut. Asal tahu saja, singkatan "D" dalam nama CPU Intel yang baru bukan berarti “Dual-Core”, melainkan “Desktop”. Penamaan gaya baru ini semakin memperumit pilihan. Prosesor Model Numbering seperti pada Intel atau AMD Rating memang tidak mudah dicerna. Apalagi menurut daftar harga resmi saat ini, produsen menawarkan sekitar 50 prosesor yang berbeda! Angka ini di luar prosesor untuk server dan notebook.


Saran Belanja sesuai Penggunaan
CHIP tidak hanya mengungkap arti nama prosesor, tetapi juga menyarankan yang sesuai untuk tujuan penggunaan. Pada artikel ini, kami menguji kinerja dan konsumsi daya 50 CPU terbaru. Chip mana yang tercepat, baik untuk Intel dan AMD, akan ditunjukkan dalam tabel pada halaman akhir.

Tidak semua pengguna membutuhkan tenaga processing yang tinggi. Oleh karena itu, CHIP merancang 4 profil pengguna: Workstation berkinerja tinggi, PC game yang cepat, PC pribadi dengan rasio harga/kinerja yang seimbang, dan PC multimedia untuk ruang duduk yang tenang.

Dalam artikel ini Anda juga akan membaca saran-saran kami untuk CPU dan platform yang tepat. Dalam bagian berikut akan kami jelaskan terlebih dulu teknologi yang ada di balik Dual-Core, 64 Bit dan mekanisme hemat energi CPU Intel dan AMD.
  • Teknologi Baru
Dual-Core: Adalah pencapaian teknologi mutakhir pada CPU AMD dan Intel. Dua core (inti prosesor) ditempatkan pada sebuah CPU untuk meningkatkan kinerjanya. Setiap core ini sebenarnya tidak lebih cepat dibanding CPU biasa dengan clockspeed yang sama, tetapi semua proses perhitungan dibagi kepada 2 inti prosesor tersebut.

Istilah yang kerap dipakai adalah multithreading. Aplikasi yang dirancang untuk ini menugaskan langkah-langkah kerja (threads) tertentu kepada setiap core prosesor yang dikerjakan secara paralel. Peningkatan kecepatan yang bisa diperoleh mencapai 70%.

Pada aplikasi yang tidak dirancang untuk multithreading, peningkatan kinerja baru terasa bila beberapa aplikasi dijalankan sekaligus (multitasking). Misalnya ketika Anda bekerja dengan program word processor, sebuah tool AntiVirus bekerja di latar belakang untuk melindungi pekerjaan Anda dari serangan virus. Hal ini serupa dengan Hyperthreading pada Intel. Bedanya, konsep Hyperthreading menggunakan 2 prosesor virtual.

Walaupun prinsip Dual-Core pada AMD dan Intel sama, realisasinya berbeda. Saat ini Intel masih memotong 2 core prosesor (Die) tunggal dari wafer semikonduktor, dua CPU Pentium dengan masing-masing L2 cache. Kedua cache baru disatukan dalam paket Dual-Core.
Sebaliknya, AMD sudah menggabungkan kedua core tidak terpisahkan dalam sebuah Die. Melalui Hypertransport Protocol, keduanya dapat langsung berkomunikasi seperti komponen pada chip Northbridge. Sebuah protokol khusus digunakan untuk menjamin pengelolaan L2 cahe secara lebih efisien. Selain itu, cache-controller terintegrasi memungkinkan akses data langsung dalam RAM.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




The Plick Updated at: 11:51 AM

0 komentar :

Post a Comment

Silahkan Comment dan Tinggalkan link, Blog Ini DoFollow sehingga anda mendapatkan backling dari blog ini. Terima Kasih

Back to top